Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengetahui Jawaban yang Benar di Google Form

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form – Beragam fitur yang ditawarkan oleh Google demi kenyamanan pengguna memang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari layanan server gratis hingga layanan buat dunia kerja dan Pendidikan yang sangat membantu di era digital sekarang ini.

Dari sekian banyak produk yang telah di rilis akhir-akhir ini, Google Form mungkin tengah menjadi yang paling popular terutama dikalangan pendidik dan peserta didik. Soalnya fitur ini menjadi sarana pembelajaran online yang paling banyak digunakan.

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form
Cara Mengetahui Jawaban di Google Form
Para pengguna terutama para guru dapat dengan mudah membuat Soal ujian online di Google Form bagi para peserta didiknya. Dimana mereka dapat menggunakan berbagai macam bentuk soal mulai dari pilihan ganda, isian singkat, essay, dan banyak lainnya.

Apabila waktu ujian telah selesai, tentunya Anda sebagai guru harus mengetahui jawaban yang telah dikirimkan oleh peserta didik. Hal ini agar Anda dapat memeriksa siapa yang mendapat skor atau nilai yang tinggi untuk diakumulasikan ke dalam daftar nilai. Namun mungkin masih banyak diantara Anda yang belum paham betul bagaimana cara mengetahui jawaban di Google Form tersebut.

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form Terbaru

Cara untuk mengetahui jawaban peserta didik di Google Form sebenarnya terbilang cukup mudah. Ini tidak berbeda jauh dengan Langkah-langkah sewaktu membuat soal di Google Form. Karena fitur-fitur tersebut memang saling berhubungan. Namun jika Anda masih belum paham, disini Info Edukasi akan mencoba ulas secara detail.

Cara Melihat Jawaban di Google Form
Cara Mengetahui Jawaban di Google Form

Hal pertama yang wajib Anda lakukan agar dapat melihat atau mengetahui jawaban di Google Form dari soal dan pertanyaan ujian online yang telah Anda buat bagi para peserta didik adalah login ke dalam akun Google yang tempat Anda membuat soal ujian. Setelah itu silahkan ikuti panduan berikut ini.

  1. Setelah berhasil masuk ke akun Google, silahkan buka Google Form Anda.
  2. Kemudian klik pada menu Responses atau tanggapan yang ada pada bagian atas Judul Form yang sudah Anda buat.
  3. Setelah itu silahkan Anda geser ke bagian bawah untuk melihat jawaban dari siswa di Google Form. Disana akan ditampilkan jawaban peserta didik dalam berbagai bentuk grafik.
  4. Untuk melihat dan mengetahui jawaban siswa di Google Form tersebut, Anda sebagai guru juga bisa menyimpan jawaban tersebut ke dalam file Spreadsheet. Caranya pun sangat mudah, yaitu
  5. Klik pada ikon View Responses in Sheets yang berwarna hijau di sebelah kanan atas dekat titik tiga.
    Cara Mengetahui Jawaban di Google Form
  6. Kemudian akan muncul menu baru, disini silahkan Anda pilih Crate a New Spreadsheet. Terakhir silahkan Anda klik Create.
  7. Jika telah melakukan langkah diatas, secara otomatis Anda akan mendapati tab baru dan Google Drive pun akan membuat file baru dengan format Spreadsheet yang berisikan semua jawaban dari soal yang Anda terbitkan untuk para siswa. Ini dapat Anda ekspor ke dalam format Excel maupun CSV agar jawaban dari peserta didik dapat Anda periksa secara teliti.

Dengan melakukan pemeriksaan ulang secara menyeluruh akan meminimalisir kesalahan dalam melakukan penilaian. Sehingga peserta didik Anda tidak akan dirugikan sedikitpun. Anda dapat memberikan nilai sesuai dengan hasil kerja masing-masing peserta didik.

Akhir Kata

Demikian informasi singkat mengenai Cara Mengetahui Jawaban di Google Form yang dapat Info Edukasi sampaikan. Semoga bermanfaat kepada semua pembaca terutama buat tenaga pengajar yang belum mengetahui bagaimana cara mengetahui jawaban yang benar di Google Form. Baca Juga: Cara Membuat Token di Google Form.

Post a Comment for "7 Cara Mengetahui Jawaban yang Benar di Google Form"