Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Melihat Google Form yang Sudah Kita Isi

Cara Melihat Google Form yang Sudah Kita Isi -- Google Form dengan segala fitur yang ditawarkannya secara free alias gratis ternyata juga mempunyai banyak tips tersembunyi. Kita ambil contoh dari salah satu fiturnya yaitu membuat form isian atau ujian online. Ternyata Google form juga memiliki cara melihat kembali formulir di google form yang pernah kita isi.

Bagi bapak dan ibu guru yang menggunakan Googe Form sebagai media ujian online, tentunya sudah paham bagaimana cara melihat respon google form yang pernah kita isi. Hal ini penting agar mereka dapat mengecek jawaban yang telah dikirimkan oleh peserta didik.

Cara Melihat Google Form yang Sudah Kita Isi
Cara Melihat Google Form yang Sudah Kita Isi

Cara Melihat Google Form yang Telah Kita Kirim

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah melalui Google Form itu sendiri. Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Buka Form yang telah Anda buat di https://docs.google.com/forms/
  2. Masuk menggunakan akun Google Anda. Setelah itu akan terbuka tampilan Google Form.
  3. Cari Form yang ingin Anda lihat hasilnya.
  4. Setelah terbuka, klik bagian Responses (Jawaban), maka semua jawaban yang telah dikirimkan oleh responden akan muncul.
  5. Anda dapat memilih untuk  melihat Ringkasan (Summary), Pertanyaan (Question) dan Individual, yang masing – masing memiliki fungsi tersendiri. Untuk Ringkasan (Summary) Anda dapat melihat jawaban/respon secara keseluruhan (ringkas) dari responden, pada Pertanyaan (Question) Anda akan melihat pertanyaan dari masing – masing soal, sedangkan pada Individual Anda akan melihat jawaban dari masing – masing peserta yang menjawab Google form Anda.
    Cara Melihat Google Form yang Sudah Kita Isi
  6. Jika Anda ingin mengekspor jawaban ke dalam format Google Spreadsheet maka Anda tinggal mengklik logo spreadsheet yang terletak dibagian kanan atas. Nanti akan muncul Pop up untuk memilih tujuan tanggapan dan nama file spreadsheetnya. Silahkan klik buat atau create.

Hasil responden akan otomatis terbuka dalam spreadsheet, selanjutnya Anda tinggal menyimpan dengan ekstensi file yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin menyimpan dalam format CSV atau ke dalam format Excel. 

Cara Melihat Hasil Google Form yang Kita Isi via Google Drive

Google Drive merupakan rangkaian aplikasi yang terkoneksi dengan Google Form. Anda dapat membuka Google Form dalam Google drive. Hasil dari Google Form akan tersimpan di Google Drive secara otomatis. Agar lebih jelas, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Google Drive Anda.
  2. Pilih Google Form yang ingin Anda lihat hasilnya.
  3. Anda akan di alihkan ke halaman Editing Formulir Google Form.
  4. Pilih Jawaban (Responses). Semua jawaban/respon audiens akan terlihat pada halaman tersebut. Sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara yang pertama, yang membedakan adalah cara loginnya yaitu menggunakan Google Drive.

Untuk langkah selanjutnya pada cara melihat hasil Google Form ini dapat Anda lihat pada cara pertama yang sudah kami berikan di atas.

Cara Melihat Google Form yang Sudah Kita Isi di HP Android

Anda juga bisa melihat respon Google Form dari responden menggunakan smartphone. Untuk melihat itu, Anda dapat menggunakan aplikasi FormApp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh FormApp yang ada di Play Store secara gratis
  2. Kemudian buka aplikasinya. Pilih Google Form dan login terlebih dahulu menggunakan akun Google yang sebelumnya Anda gunakan untuk membuat Google Form
  3. Kemudian pilih Google Form yang sebelumnya telah dibuat dan ingin Anda lihat hasilnya.
  4. Pilih Lihat Tanggapan (View Responses). Setelah itu Anda dapat meliahat hasil dari Google Form yang telah dikirim.
  5. Pada bagian tab Summary (Ringkasan) Anda dapat melihat semua hasil dari pertanyaan-pertanyaan yang Anda buat dalam bentuk ringkasan. Terdapat pengelompokan sepert Result, Bar Chart, dan Pie Chart.
    Cara Melihat Google Form yang Sudah Kita Isi
  6. Untuk melihat pertanyaan lainnya, klik pada bagian pertanyaan.
  7. Pada tab Individual, Anda dapat melihat satu per satu responden yang mengisi Google Form yang disajikan dalam bentuk tabel.
  8. Pada tab Export, Anda dapat mengekspor hasil Google Form tersebut dalam Google Spreadsheets dan mengubah dalam bentuk file excel. Untuk memudahkan Anda mengekspor ke Google Sheets, pastikan sebelumnya Anda sudah menginstall Google Spreadsheet.

Akhir Kata

Demikianlah informasi singkat mengenai cara melihat google form yang sudah kita isi yang dapat kami bagikan. Cara-cara tersebut terbilang sangat mudah untuk dicoba baik oleh pemula sekalipun. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat seluruh pembaca. Baca Juga: Cara Membuat Sertifikat Online dengan Google Form.

Post a Comment for "3 Cara Melihat Google Form yang Sudah Kita Isi"