Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Membuat Token di Google Form Ujian Online

Cara Membuat Token di Google Form – Dalam pembelajaran online muncul berbagai macam platform yang dipakai untuk melaksanakan kegiatan ujian online. Namun salah satu yang paling sering digunakan karena sifatnya mudah dan gratis adalah menggunakan ujian dengan Google Form.

Google Form menjadi alternatif media pembelajaran bagi sekolah yang belum mempunyai server atau hosting yang memadai. Dengan Google Form, Anda dapat membuat absensi online, kuesioner online, dan ujian online.

Cara Membuat Token di Google Form
Cara Membuat Token di Google Form
Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Google Form dalam ujian online adalah Anda dapat menggunakan token sebagai password peserta didik. Namun hal ini masih jarang digunakan oleh pengguna Google Form.

Padahal fitur token dalam ujian online google form ini sangat bermanfaat agar tidak semua orang dapat mengakses link ujian online yang akan dibagikan. Dengan adanya token ini, keamanan ujian online akan bertambah.

Nah, pada artikel kali ini Info Edukasi akan membahas secara detail mengenai bagaimana cara membuat token ujian online di Google Form dengan lengkap. Oke, langsung saja simak tutorialnya berikut ini dengan seksama.

Cara Membuat Token di Google Form dengan mudah

Manfaat Token atau Password Google Form

Sebagaimana telah dibahas diatas kalau tujuan pembuatan token atau akses login di Google Form adalah untuk menjaga akun terkait dengan data penting yang bersifat rahasia. Namun fitur token tersebut juga memiliki fungsi lain yaitu:

  • Mencegah non peserta ujian yang mencoba mengakses link ujian online
  • Ulangan online di Google Form menjadi lebih terstruktur.
  • Meningkatkan sikap kedisiplinan peserta didik pada saat mengerjakan soal.
  • Mengetahui jika ada peserta didik yang salah memasukkan token atau password Google Formulir.
  • Anda dapat mengatur waktu kapan ujian online Google Form akan dimulai.

Cara Buat Password untuk Google Form

Berikut ini adalah panduan dalam membuat token atau password di Google Form dengan cepat. Simak baik-baik sebelum mempraktekkan.

  1. Buka Google Form. Langkah pertama yaitu membuka Google Form melalui smartphone, laptop, PC ataupun komputer.
  2. Buat Formulir Baru. Jika sudah berhasil login, pilihlah Google Formulir Pribadi dan buat formulir baru.
  3. Buat Nama Ujian Online. Silahkan buat Nama Ujian Online.
    Cara Membuat Token di Google Form

    Kemudian buatlah judul sesuai keinginan dan kebutuhan, sebagai contoh Ujian Online Bahasa Inggris. 
  4. Buat pertanyaan identitas peserta didik.
    Cara Membuat Token di Google Form
    Biasanya pertanyaan berisi nama lengkap dan NIS/NISN.
  5. Buat Token atau Password.
    Cara Membuat Token di Google Form
    Pada fitur pertanyaan, pilihlah Jawaban Singkat. Ketikan “Masukkan Token atau Password” dibagian pertanyaan. Kemudian klik titik tiga disudut kanan bawah, aktifkan deskripsi dan validasi.
    Cara Membuat Token di Google Form
    Pada bagian deskripsi silahkan diisi sesuai kebutuhan sesuai dengan token anda, misalnya” gunakan token yang valid”.Pada bagian validasi kita akan mensetting token atau password. Misalkan kita akan memakai token “12345” maka kita pilih number. Kemudian pilih “Equal to” lalu ketikkan “12345”. Pada bagian “custom error text” bisa Anda isikan “ Token yang Anda masukkan salah”. Pesan ini akan muncul jika ada yang mencoba mengakses link ujian dengan token atau password yang salah.
    Cara Membuat Token di Google Form
  6. Buat Section atau Bagian. Langkah ini perlu dilakukan agar Ketika peserta didik memasukkan token dapat langsung masuk ke bagian soal ujian.
  7. Buat Pertanyaan.
    Cara Membuat Token di Google Form
    Silahkan tuliskan pertanyaan ujian Anda. Soal bisa berbentuk pilihan ganda dan essay.
  8. Pratinjau Formulir. Pratinjau Formulir ini untuk mengecek progress Form yang telah Anda buat. Anda bisa mengecek apakah token berfungsi atau tidak. Jika Anda sudah berhasil membuat token dan soal pertanyaan, untuk melihat hasilnya, klik ikon mata pada bagian kanan atas.
    Cara Membuat Token di Google Form
    Tampilan token salah.
    Cara Membuat Token di Google Form
    Tampilan token benar
  9. Kirim Tautan Formulir. Jika semua telah Anda setting mulai dari setting token hingga pembuatan token. Langkah selanjutnya tinggal mengrimkan link Google Form yang telah Anda buat ke peserta ujian.

Pertanyaan yang Sering di Ajukan

  • Apakah ada pengaturan batasan salah memasukkan token?

Tidak, Google Form belum mendukung fitur tersebut kecuali menggunakan add-ons

  • Apakah token bisa expired jika sudah melebihi batas waktu ujian?

Setelah melewati batas waktu ujian, maka token sudah tidak bisa dipakai lagi jika Anda melakukan pengaturan timer batas awal dan akhir ujian.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara membuat token di Google Form lengkap dengan kegunaannya. Tutorial ini dibuat berdasarkan pengalaman dari penulis , semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar jika ada yang kurang di pahami. Baca juga: Cara melihat Google Form yang telah Kita Buat.

Post a Comment for "10 Cara Membuat Token di Google Form Ujian Online"