Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting Transfer Response ANBK 2021 Terbaru

Cara Setting Transfer Response ANBK – Kali ini Info Edukasi akan membagikan tutorial cara setting transfer response ANBK 2021 dengan menggunakan flash disk. Salah satu perbedaan pelaksanaan ANBK tahun 2021 dengan UNBK tahun-tahun sebelumnya adalah kewajiban untuk membuat folder transfer response di dashboard exambro admin. Dengan penundaan pelaksanaan ANBK selama 1 tahun belakangan membuat ada proktor yang lupa cara membuat transfer response.

Cara Setting Transfer Response ANBK
Transfer response sendiri merupakan suatu folder dump yang dibuat sebagai tempat untuk melakukan back up dan restore jawaban peserta ANBK. Jika tidak membuat transfer response makan menu status tes di dashboard proktor tidak akan berfungsi sehingga tidak dapat memilih tes yang akan diaktifkan. 

Ada beberapa cara untuk membuat folder transfer response. Anda dapat membuatnya dengan menggunakan flashdisk dan penyimpanan google cloud. Namun kali ini kita akan membahas tentang cara pembuatan transfer response dengan flashdisk.

Cara Membuat Transfer Response ANBK dengan Flashdisk

Folder transfer response dapat dibuat sebelum atau sesudah melakukan sinkronisasi VHD. Namun disarankan agar membuat terlebih dahulu sebelum proses sinkron berjalan. Lalu, bagaimana caranya? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Hal-hal yang perlu disediakan sebelum membuat transfer response yaitu:

  1. Flashdisk
  2. IP komputer server (contoh 192.168.0.199)
  3. Nama User komputer server (misal ADMIN)
  4. Password komputer server (misal 12345)

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Colokkan flashdisk anda di komputer server.
  2. Buat folder di dalam flashdisk dengan nama yang anda inginkan. Misal tranbk2021
  3. Share folder tersebut ke user komputer server. Caranya klik kanan > give acces to spesific people > pilih everyone > klik add > ubah permission level menjadi read/write lalu klik share.
    Cara Setting Transfer Response ANBK
  4. Untuk mengetes apakah foldernya berhasil Anda share tes dengan klik Network di komputer anda, masukkan \\192.168.0.199\tranbk2021 dan enter. Jika foldernya muncul, berarti anda telah berhasil.
    Cara Setting Transfer Response ANBK
  5. Langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman CBT admin.
  6. Klik menu transfer response.
  7. Silahkan isikan nama folder dump dengan alamat folder tadi (\\192.168.0.199\tranbk2021).
  8. Isi Nama user dengan nama user komputer server
  9. Isi IP server dengn IP komputer server 
  10. Selanjutnya tinggal masukkan password user dibagian password.
    Cara Setting Transfer Response ANBK
  11. Langkah terakhir adalah klik simpan. Jika semuanya benar akan muncul notifikasi berwarna hijau yang menyatakan folder transfer response berhasil dibuat. Sebaliknya jika gagal akan muncul notifikasi berwarna merah.

Catatan:

IP komputer disesuaikan dengan IP yang digunakan oleh server Anda

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, maka anda sudah bisa mengakses menu “status tes”. Silahkan pilih tes yang akan dilaksanakan dan klik simpan.

Akhir Kata

Demikian tutorial singkat mengenai cara setting transfer response ANBK 2021 dengan menggunakan flashdisk. Semoga bermanfaat buat semua teman-teman proktor dan teknisi ANBK sehingga pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Salam Proktor hebat. Baca juga: Cara Install VHD ANBK Terbaru.

Post a Comment for "Cara Setting Transfer Response ANBK 2021 Terbaru"