Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menutup Exam Browser Admin ANBK agar VHD Tidak Rusak

Cara Menutup Exam Browser Admin ANBK – Tutorial Info Edukasi kali ini akan membahas mengenai cara menutup browser admin ANBK dengan baik dan benar. Mengapa harus baik dan benar? karena ini untuk mengatasi kerusakan dari VHD. 

Cara Menutup Exam Browser Admin ANBK
Cara Menutup Exam Browser Admin ANBK
Berdasarkan pengalaman  pelaksanaan ANBK dan UNBK tahun sebelumnya banyak sekali para proktor yang mengalami kerusakan pada VHD-nya. Jadi setelah hari pertama mengikuti simulasi hari kedua VHD sudah tidak dapat digunakan lagi, biasanya muncul notif seperti ini “VHD anda telah mengalami shutdown tidak normal, silahkan mengganti VHD”. 

Salah satu yang menyebabkan hal tersebut adalah kita salah dalam menutup aplikasi dari exam browser. Hal ini wajar sekali karena memang exambro admin yang baru ini memiliki tampilan yang masih baru bagi seorang proktor dan sedikit berbeda dengan exambro admin tahun 2018 kemarin.

Cara Menutup Exam Browser Admin ANBK dengan Aman

Agar VHD Anda tidak mengalami kerusakan maka Anda perlu mengikuti Langkah-langkah menutup exambro admin yang disarankan oleh Pusmenjar Kemdikbud. Yang paling sering terjadi adalah proktor langsung mengklik tombol close (silang) yang berwarna merah di sudut kanan atas tanpa mematikan virtual machine terlebih dahulu. 

Lalu, bagaimana cara menutup exambro ANBK yang aman? Silahkan simak panduan berikut ini.

  1. Dari tampilan dashboard admin, silahkan klik Logout sehingga Anda akan diarahkan ke halaman login admin CBTSync.
  2. Selanjutnya perhatikan layar virtual machine Anda, perhatikan dibagian sebelah kiri atas, cari tulisan ACPI shutdown vitual machine dengan logo petir. Klik tulisan tersebut. Proses ini akan memakan waktu yang sedikit agak lama, jadi Anda harus bersabar menunggu.
    Cara Menutup Exam Browser Admin ANBK
  3. Selanjutnya Anda tingga menunggu hingga halaman CBTSync tertutup secara otomatis dan Machine virtual powered off. Tanda nya adalah Ketika tampilan berubah menjadi stop kontak yang tercabut ini.
    Cara Menutup Exam Browser Admin ANBK
  4. Langkah terakhir, silahkan klik tanda silang warna merah di sudut kanan atas. Tunggu exambro admin kita tertutup dengan sempurna.

Akhir Kata

Demikian tutorial cara menutup dan mematikan exam browser admin ANBK yang benar dan aman. Semoga bermanfaat buat teman-teman proktor hebat sekalian. Dan tidak ada lagi yang mengalami masalah kerusakan VHD akibat proses shutdown yang tidak normal. Baca Juga: Cara Setting Transfer Response ANBK.

Post a Comment for "Cara Menutup Exam Browser Admin ANBK agar VHD Tidak Rusak"