Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner sangat Mudah

Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner – Sejak Pandemi Virus Corona melanda hampir seluruh dunia, kebutuhan akan aplikasi online untuk mendukung aktifitas sangat meningkat. Baik itu oleh karyawan kantoran, mahasiswa, anak sekolah, dan pekerja lainnya. 

Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner
Sejak belajar dari rumah diberlakukan, segala bentuk tugas dan pekerjaan mereka harus disetorkan secara online. Tak pelak, hal ini membuat orang-orang langsung melek IT. 

Cara membuat kuesioner online menjadi salah satu yang paling banyak dicari terutama buat para mahasiswa yang sedang dalam tahap pengumpulan data dan survey keperluan karya ilmiah maupun tesis mereka.

Ada banyak situs yang menawarkan bagaimana cara membuat kuesioner online. Situs tersebut seperti SurveyMonkey, Typeform, Survey Planet, dan Google Form. Namun yang paling familiar mungkin adalah Google Form.

Google Form merupakan salah salah satu platform gratis yang disediakan oleh Google yang banyak digunakan untuk membuat kuesioner online ini. Kelebihannya adalah data yang didapatkan melalui Google Form dapat diolah secara mudah.

Selain itu, Data yang dihasilkan juga mudah dikonversi kedalam aplikasi lainnya seperti Microsoft Excel, Spreadsheet, grafik maupun SPSS.

Cara Membuat Kuesioner Online di Google Form

Satu-satunya yang Anda butuhkan untuk membuat kuesioner online dengan Google Form adalah akun Gmail. Silahkan buat terlebih dahulu Jika belum memiliki akun Gmail. Berikut ini adalah cara membuat kuesioner online gratis di Google Form:

  1. Masuk ke halaman Google Form. Halaman ini bisa Anda akses melalui docs.google.com/forms. atau anda juga bisa masuk melalui drive.google.com/drive. 
    Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner
  2. Selanjutnya, pilih model yang akan digunakan sesuai kebutuhan dan keinginan. Google menyediakan berbagai model yang bisa kamu pilih. Kemudian, halaman awal kuesioner akan terbuka seperti di bawah ini.
    Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner
  3. Ketikkan judul kuesioner pada kolom ‘Untitled Form’. Cantumkan juga pengantar beserta penjelasan singkat mengenai kuesioner di kolom ‘Form Description’. Setelah itu, Anda bisa membuat isian kuesioner.
  4. Pilih jenis respons yang kamu inginkan dari kuesioner. Google menyediakan banyak pilihan untuk pertanyaan terbuka atau tertutup.
  5. Anda juga bisa memilih jenis respons yang berbeda untuk setiap pertanyaan kuesioner. Pilih salah satu di antara jawaban pendek, jawaban paragraf, pilihan ganda, kotak centang, pilihan ke bawah, unggahan berkas, skala linear, tanggal, atau waktu.
    Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner
  6. Ketik pertanyaan atau pernyataan yang ingin diberikan kepada responden melalui kuesioner. Anda bisa mengetikkannya secara langsung di kolom ‘Untitled Question'.
  7. Kemudian, pilih kewajiban respons kuesioner khusus nomor yang sedang dibuat. Anda bisa melakukan langkah ini dengan pilihan ‘Required’. Jika menghidupkan pilihan ini, maka Anda mewajibkan responden kuesioner untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.
    Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner
  8. Anda bisa membuat pertanyaan baru dengan klik ‘+’ kemudian mengulangi Langkah 5, 6, dan 7. Tampilan layar dari langkah 6 sampai 8 terlihat seperti gambar di bawah ini.
  9. Anda perlu mengulangi langkah 5, 6, 7 dan 8 dari tutorial contoh kuesioner Google Form untuk pertanyaan berikutnya. Anda bisa mengubah jenis respons yang diinginkan pada setiap nomor yang Anda butuhkan.
  10. Setelah menyelesaikan pertanyaan dan pernyataan yang diberikan, atur Google Form melalui ‘Settings’. Pilihan ini ada di pojok kanan atas layar.
    Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner
  11. Terdapat beberapa pengaturan penting yang harus Anda tentukan. Misalnya, apakah responden dapat merevisi jawaban yang dikirim, apakah kuesioner ini berupa penilaian, dan apakah responden dapat melihat hasil kuesioner mereka.
  12. Cara membuat kuesioner online Google Form yang terakhir adalah memilih cara untuk membagikan form yang tekah Anda buat. Anda bisa mengirim formulir melalui email atau tautan. Lakukan dengan klik ‘Send’ di pojok kanan atas. Anda tinggal mengcopy link form jika Anda ingin membagikan melalui link.
    Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat buat Anda semua dan bisa membantu menyelesaikan tugas-tugas online Anda.

Post a Comment for "Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner sangat Mudah"